Kamis, 08 Maret 2012

Persipura Atasi Pelita Jaya

Persipura Jayapura kembali meraih poin penuh ketika berhasil mengalahkan Pelita Jaya dengan skor 2 – 1 dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (03/03).
 
Pada awal-awal laga kedua tim bermain dengan tempo yang sedikit lambat. Tim Persipura mulai menaikkan tempo permainan dengan bermain agresif dan memainkan ball possession, sedangkan tim tamu hanya menunggu di daerah sendiri dan sesekali melakukan serangan balik. Pemain Persipura beberapa kali melakukan tusukan-tusukan yang berarti kepada pertahanan Pelita Jaya.

Setelah melakukan tekanan yang berarti ke pertahanan Pelita, akhirnya pada menit ke-25, melalui aksi Boaz di sisi kiri pertahanan Pelita, kapten Persipura ini berhasil melakukan crossing ke dalam kotak penalty, dengan tenang Alberto ‘Beto’ Goncalves berhasil menanduk bola yang gagal diantisipasi oleh kiper Pelita. Persipura pun unggul 1 – 0 atas Pelita.

Berhasil mencetak gol, Persipura semakin termotivasi untuk mencetak gol. Namun penyelesaian akhir menjadi masalah bagi tim berjuluk ‘Mutiara Hitam’ ini. Skor 1 – 0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tepatnya menit ke-57, pelanggaran yang dilakukan oleh Ortizan Solossa kepada Jhon Takpor menghasilkan tendangan bebas. Tendangan bebas tersebut berhasil dimanfaatkan oleh pemain bertahan Pelita, Stanislav Zhelev Zhekov  untuk mencetak gol. Sundulannya gagal diantisipasi oleh Yoo Jae Hoon. Pelita berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1 – 1.

Kebobolan membuat pertandingan menjadi sangat seru. Pelatih Jacksen F. Tiago, memasukkan Yustinus Pae untuk menggantikan Yohanis Tjoe. Kemudian Imanuel Wanggai juga dimasukkan untuk menggantikan Ortizan Solossa. Pemain bernomor punggung 11 ini dimasukkan untuk menambah kekuatan pada lapangan tengah Persipura.

Pelita yang terlihat berusaha untuk menjaga hasil seri ini melakukan pelanggaran-pelanggaran yang keras. Namun pada menit ke-71, kapten Persipura Jayapura, Boaz Solossa membuat publik tuan rumah kembali bergemuruh lewat gol cantiknya. Melakukan kerja sama yang apik dengan Zah Rahan, pemain bernomor punggung 10 ini memberikan umpan manis kepada Boaz yang sudah tepat berada di depan gawang Pelita, dengan satu kali sentuhan yang berhasil mengecoh kiper Pelita, pemain asal sorong ini melakukan shooting yang gagal di antisipasi oleh pemain bertahan Pelita yang sudah menutup gawang. Persipura kembali unggul 2 – 1 atas pelita.

Selepas gol dari Boaz, pelatih Jacksen kembali memasukkan Lukas Mandowen untuk menggantikan Beto. Persipura terlihat sudah cukup puas dengan kemenangan tersebut, tim Persipura bermain dengan tempo yang lambat. Skor 2 – 1 untuk kemenangan Persipura bertahan hingga babak kedua selesai.

Kemenangan ini membuat Persipura naik ke posisi kedua di bawah Sriwijaya FC dengan sama-sama memiliki 30 poin, namun Persipura hanya kalah dalam selisih gol.