Senin, 30 April 2012

ISL | Persib 0-1 Persipura


Persipura Jayapura kembali meraih hasil positif saat dijamu tuan rumah Persib Bandung di Stadion Siliwangi Bandung, tim Mutiara Hitam berhasil mempermalukan tuan rumah Persib dengan skor 0 -1 dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) pada Minggu (29/04). Gol semata wayang Persipura dicetak oleh striker andalannya Alberto’Beto’ Goncalves.

Bermain tanpa penonton membuat Persipura lebih dulu mengambil inisiatif serangan. Beberapa kali penetrasi dari Ian Louis dan Yustinus Pae melalui sisi lapangan membuat pertahanan Persib kocak kacir. Dua puluh menit pertama, kedua tim lebih bermain monoton sambil mencari-cari peluang untuk melancarkan serangan. Pada menit ke-29, penetrasi Ian Louis Kabes di dalam kotak penalty mendapat ganjalan yang keras dari Henda Ridwan, namun wasit Yandri yang memimpin pertandingan ini tidak melihatnya sebagai pelanggaran.

Selepas itu, Persipura terlihat lebih santai dan Persib sudah mulai melakukan serangan ke jantung pertahanan Persipura.  Pada menit ke-34, shooting keras dari Aliyudin di dalam kotak penalty masih mampu ditepis oleh Yoo Jae Hoon.

Pada menit ke-40 Bio Paulin mendapat kartu kuning setelah melakukan tandukan ke kepala Noh Alam Shah, wasit memberikan kartu kuning kepada Bio. Sampai babak pertama usai, skor 0 – 0 tidak berubah.

Babak kedua di mulai, Persipura tetap menguasai pertandingan. Petaka bgai Persib datang di menit ke-53, bermaksud untuk membuang bola dari dalam kotak penalty, M. Nasuha menendang bola yang mengenai tangannya sendiri. Wasit Yandri yang melihat kejadian itu tak segan-segan menunjuk titik putih. Alberto ‘Beto’ Goncalves yang menjadi eksekutor sukses menjebol gawang Persib yang di kawal Cecep, tendangannya sempat ditepis Cecep, namun derasnya bola membuat bola tetap masuk ke dalam gawang. Persipura unggul 0 – 1 atas Persib. 

Selepas Gol tersebut, Persib bereaksi dengan memasukkan M. Ilham untuk menggantikan Hendra Ridwan. Pada menit ke-60 Persipura juga melakukan pergantian pemain, Choi Dong Soo masuk menggantikan Ian Louis Kabes.

Persib terus melakukan serangan ke pertahanan Persipura, kembali Aliyudin yang mengancam, tendangan kerasnya dari luar kotak penalty masih bisa di blok Yoo Jae Hoon. Pada menit ke-65, Persib kembali memasukkan Roby Gaspar untuk menggantikan Tony Sucipto.

Persipura tetap bermain santai dan menjaga di daerah sendiri, kemudian sesekali melakukan serangan balik yang di komandoi oleh Playmakernya Zah Rahan. Namun beberapa kali serangan Persipura masih bisa diputuskan oleh Maman Abdurahman dan kawan-kawan.

Persib beberapa kali melakukan shooting dari luar kotak penalty, mereka seakan-akan frustasi dengan solidnya pertahanan Persipura yang di galang Ricardo cs.

Petaka di meit ke-75 bagi Persipura, Bio Paulin mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran kepada Noh Alam Shah, wasit pun mengeluarkan kartu merah bagi Bio. Pelatih Robby Darwis kembali memasukkan Budiawan untuk mengganti M. Nasuha.  Dan pada menit ke-84, Jacksen kembali memasukkan Lukas Mandowen untuk menggantikan sang pencetak Gol Beto. baru masuk beberapa detik, Lukas Mandowen langsung mengancam, namun tendangannya masih menyamping.

Kemudian 2 menit berselang Persipura kembali memasukkan Daniel Tata untuk mengganti Imanuel Wanggai yang tampaknya mengalamai sedikit masalah dengan kakinya. Tersisa lima menit membuat Persib terus menekan pertahanan Persipura, serangan terus menerus melalui kedua sayap terus di gencarkan, namun pertahannya Persipura masih sangat kuat. Namun hingga wasit meniup pluit babak kedua selesai, skor  0 – 1 untuk Persipura tidak berubah.

Dengan kemenangan ini, Persipura terus menempel ketat pimpinan klasmen sementara Sriwijaya FC, kedua tim memiliki poin sama yaitu 48, namun Sriwijaya masih menyimpan satu pertandingan yang belum mereka jalani. (RWN) 

Susunan Pemain :

Persib : Cecep S, Maman A, Abanda H, M. Nasuha (80’ Budiawan), Zulkifli S, Tony S (65’ Roby Gaspar), Miljan R, Atep, Hendra R (57’ M. Ilham), Aliyudin, Noh Alam.

Persipura : Yoo JH, Bio P, Ricardo S, Victor P, Ortizan S, Gerald P, I. Wanggai (86’ Daniel Tata), Ian K (60’ Cho Dong Soo), Zah R, Yustinus P, Albertho G (84’ Lukas Mandowen).